Semua Publikasi


Menyiasati Roda Zaman, Kementerian Sekretariat Negara Luncurkan Program Setneg X

27 Jul 2021 21:01:32

Seiring perkembangan zaman, berbagai teknologi sudah diciptakan demi membantu pekerjaan manusia di seluruh dunia. Selain pekerjaan manusia yang menjadi lebih ringan dengan adanya teknologi, manusianya sendiri harus lebih beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang terus bergulir, agar tidak tertinggal lalu tergerus oleh zaman.

 

Melihat akan hal itu, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia merespon fenomena tersebut dengan membuat Program Setneg X. Program ini merupakan kegiatan akselerasi dan inkubasi ide-ide pegawai Kementerian Sekretariat Negara yang bertujuan untuk menjembatani lahirnya produk inovasi serta talenta inovator di Kementerian Sekretariat Negara.

 

Dalam Program Setneg X nantinya, akan ada bermacam training, pendampingan & pengembangan ragam program inovasi, akselerasi, untuk mendukung inkubasi inovasi baru yang dikembangkan. Dengan begitu diharapkan akan melahirkan cara-cara lebih mudah, murah, ringan, singkat, dengan hasil maksimal. Setneg X sendiri terdiri dari empat pilar, yaitu:


  1. Inno Community: Sekelompok orang dengan hobi atau bidang keahlian yang sama. Mereka berdiskusi tentang inovasi dan bagaimana mereka membuat perubahan.
  2. Inno Dojo: Tempat dimana inovasi dirumuskan, dirancang, dikembangkan dan direalisasikan. Juga merupakan tempat untuk mengembangkan kompetensi.
  3. Inno Web: Berfungsi sebagai platform untuk memfasilitasi kolaborasi digital dan berbagi informasi tentang inovasi.
  4. Inno Program: Berfungsi sebagai platform untuk memberdayakan para inovator melalui peningkatan keterampilan, sumber daya, dan fasilitas.


 Sekretariat Negara yang berkolaborasi dengan Inno Program akan menyediakan beberapa wadah pengembangan diri yang bisa diikuti oleh para peserta nantinya, antara lain:
 

Akselerasi Inovasi

  • Membangun DNA inovasi melalui workshop, pelatihan, pendampingan, dan kolaborasi yang inovatif.
  • Membangun jaringan di antara para inovator dan pakar di bidangnya.

 

Inkubasi Inovasi

  • Pelatihan Design Thinking, Golden Circle, Lean Canvas, dan masih banyak lagi.
  • Tahap Inkubasi meliputi pencarian inovator, validasi pengguna, validasi produk, dan menjadikannya Business as Usual.

 

Inspiring & Creative Events

  • Diskusi
  • Seminar
  • Workshop
  • Podcast
 

Dalam pembukaannya pada hari Senin(12/07), Menteri Sekretaris Negara, Pratikno membeberkan bahwa program ini akan menjadi jalan pintas yang lebih mudah, cepat, murah, dan efisien. “Jangan takut salah, karena eksperimen itu pasti ada salahnya, tetapi dari situlah cara-cara baru yang lebih efektif, efisien, dan produktif, bisa kita kembangkan,” pungkasnya dalam launching Program Setneg X. (M. Reza Firdaus)


Sumber: https://telkomcorpu.id/2021/07/14/menyiasati-roda-zaman-kementerian-sekretariat-negara-luncurkan-program-setneg-x/